BLOG SEBAGAI ALAT MANAJEMEN HUMAS
Humas menggunakan blog sebagai alat manajemen yang merupakan bagian dari alat humas yaitu instutional advertising. Instutional advertising ini biasanya iklan yang bertujuan untuk memperkuat image dan awareness, yang berisikan tentang kontribusi perusahaan terhadap masyarakat, keberhasilan perusahaan, visi misi perusahaan, pelayanan masyarakat, dan sebagainya. Alat ini digunakan oleh humas untuk memperkenalkan bagaimana visi misi, komponen dari perusahaan, pelayanan yang diberikan, sekaligus mempromosikan produk / jasa perusahaan tersebut. Humas juga biasanya membuat cerita-cerita atau kegiatan yang sudah dilakukan selama perusahaan tersebut berdiri. Adapun kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan yaitu kegiatan amal, kegiatan kunjungan, tour ke beberapa kota untuk promosi, kegiatan membantu masyarakat kurang mampu, dan lainnya yang berkaitan dengan masyarakat. Biasanya humas juga menggunakan blog ini untuk bercerita mengenai perjalanan, memperkenalkan susunan direksi, dan sejarah perusahaan yang secara tidak langsung membentuk image yang baik guna memberikan citra positif atas kegiatan atau sumbangsih, dan gambaran secara umum tentang perusahaan terhadap masyarakat luas. Melalui blog, seorang PR dapat mengetahui kritik dan saran ataupun komentar-komentar dari publik mengenai perusahaan tersebut yang dapat seketika itu PR dapat membalas segala macam bentuk pendapat, PR juga dapat langsung menepis akan tanggapan-tanggapan yang tidak baik disertai penjelasan yang kuat. Dari komentar-komentar tersebut, PR dapat menjadikan blog sebagai salah satu tolak ukur akan keberhasilan suatu perusahaan yang secara tidak langsung berhubungan dengan publik
Blog sangat cocok digunakan untuk kebutuhan PR, karena terdapat kelebihan menggunakan blog sebagai media PR jika di bandingkan dengan media lainnya. Kelebihan tersebut meliputi :
1. Blog bagi PR = Murah dan Mudah
Jika dibandingkan dengan mengadakan Press Release di media elektronik, tentunya penyampaian informasi perusahaan relatif gratis dan mudah, karena ada banyak sekali platform blog yang gratis misalnya seperti Word Press dan Blogger. Itulah sebabnya banyak perusahaan kecil dan menengah yang menggunakan blog untuk tujuan Public Relations.
2. Bagi PR, Blog dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi.
3. Peluang Untuk Muncul di Search Engine
Dengan melakukan blogging sebagai strategi PR, maka informasi yang diposting di blog memiliki peluang untuk muncul di halaman 1 search engine. Sehingga jika ada calon customer potensial yang mencari informasi seputar produk dan isu-isu perusahaan, mereka dapat menemukannya di halaman 1 search engine dan pastikan informasi seputar perusahaan langsung dari blog PR perusahaan itu sendiri.
4. Kemudahan bagi Stakeholder untuk berinteraksi
Melalui blog, siapapun dapat langsung memberikan feedback berupa komentar ataupun pertanyaan seputar topik PR yang disampaikan, hal ini dapat menciptakan interaksi langsung antara perusahaan dengan stakeholder dan interaksi tidak hanya dibatasi kepada pihak tertentu saja. Berbeda dengan mengadakan press release dengan mengundang wartawan media cetak ataupun televisi yang biasanya interaksi atau feedback hanya datang dari wartawan dan sulit bagi customer ataupun stakeholder untuk bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan.
5. Sebagai alat penelitian
6. Sebagai alat persuasi
Dalam penelitian PR blog mempunyai keunggulan sebagai pengumpul informasi, pengawasan isu serta alat pengamat lingkungan. Ketika isu tidak terantisipasi, menyangkut hukum, atau bahkan darurat, organisasi bisa mencari melalui informasi yang terdapat pada arsip blog mengenai informasi tentang sentiment pembaca, links terhadap informasi lain yang berguna dll, melakukan wawancara, atau mencari arsip lain dan database informasi (cf., Kent, 2005).
Blog juga menampilkan dirinya sebagai site pengumpul data yang sempurna ketika organisasi berhubungan dengan etnik, budaya, kelompok sosial yang kurang dikenal atau publik yang baru pertama dikenal sebagai bagian dari program kampanye, kegiatan aktifis, atau upaya komunikasi internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar